Kebiasaan Berbahaya Setelah Makan



Salah satu kesulitan yang dialami banyak orang adalah mengubah kebiasaan. Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh, ada hal yang seharusnya tidak kamu lakukan setelah makan.

1. Merokok setelah makan
Para peneliti memperingatkan kebiasaan ini lebih berbahaya dari yang kalian bayangkan, karena satu batang rokok efeknya sama seperti merokok 10 batang. Nikotin yang terkandung dalam rokok akan mengikat oksigen dan buruk bagi kesehatan.

2. Makan buah setelah makan
Tubuh mampu mencerna buah sangat cepat, dan jika kamu mengonsumsi buah setelah makan, buah akan berada di perut dalam waktu yang lama dan menyebabkan pembusukan, melepaskan gas dan racun serta membentuk selulit. Makanlah buah saat perut kosong atau dua jam sebelum makan.

3. Minum teh setelah makan
Meski banyak orang melakukannya, kebiasaan ini tidak baik. Kafein pada teh mengikat zat besi dan memperlambat pencernaan, serta sangat buruk bagi penderita anemia. Sebaiknya, penderita anemia tidak minum teh satu jam setelah makan.

4. Berenang setelah makan
Para peneliti tidak menyarankan makan atau berenang setelah makan. Air meningkatkan peredaran darah melalui tubuh, tapi darah akan menuju perut untuk pencernaan setelah makan. Ketika kita mandi atau berenang, tubuh mengalami perubahan suhu sehingga darah diperlukan untuk seluruh tubuh.

5. Melakukan aktivitas setelah makan
Banyak orang salah kaprah tentang kebiasaan ini. Aktivitas fisik setelah makan menghambat sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan. Direkomendasikan untuk berjalan santai setelah makan.

6. Tidur setelah makan
Ketika tidur setelah makan, fungsi tubuh juga ikut tidur, termasuk otak. Berbaring dengan posisi terlentang juga tidak bagus untuk pencernaan dan asam lambung karena mereka sulit melakukan pekerjaannya. 


sumber : warungkopi.okezone.com

Artikel passioniformation Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top